Month: February 2013

Konflik & Tegangan: Cara Membuat Pembaca Ketagihan

Pengen bikin pembaca ngga bisa berhenti membaca novel kita? Ya, iya dong.
Apa sih rahasia di balik hal itu? Konflik dan tegangan.
Tapi… novelku bukan thriller, kok!
Siapa bilang konflik & tegangan hanya untuk genre thriller? Read More

5 Hal Penting Dalam Deskripsi

Deskripsi yang bikin pembaca serasa ada di dalam dunia cerita kita–penulis mana yang ngga mau? Gimana sih bikin deskripsi kita hidup dan ngga membosankan? Read More

7 Tips Untuk Menyelesaikan Novelmu

Kamu mulai menulis novel? Top!
Itu langkah pertama. Langkah berikut adalah: merampungkannya.
Kalau kamu bilang menyelesaikan sebuah novel itu pekerjaan gampang, salut deh buat kamu.
Buat penulis-penulis lain yang hanya ‘manusia biasa’ seperti saya, simak 7 tips berikut. Read More

Menentukan Sudut Pandang Cerita

Sudut pandang. Point of View.
SP. POV. Viewpoint.
Pasti tau dong, istilah-istilah di atas mengacu pada hal yang sama: posisi narasi dalam bercerita. Masalahnya, bagaimana menentukan sudut pandang yang tepat untuk cerita kita? Read More